Jumat, 25 Maret 2011

Pengenalan Internet

Sejarah Internet

Secara teknis, Internet atau International Networking merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
Internet pada awalnya adalah sebuah jaringan komputer rancangan militer Amerika Serikat (AS) untuk memantapkan kinerja sistem komunikasinya dalam menghadapi kekuatan musuh. Hal ini berlangsung ketika terjadi perang dingin dengan Uni Soviet.  Pertimbangannya adalah jika salah satu pusat sistem komunikasi berhasil dihancurkan, maka pihak militer ingin memastikan bahwa lokasi-lokasi yang masih mampu dipertahankan diri harus dapat selalu saling berkomunikasi.
Karena jaringan yang asli adalah rancangan Advanced Research Projects Agency dari militer AS  maka internet disebut juga ARPAnet. Namun pada generasi selanjutnya internet lebih dikembangkan ke arah pendidikan, penelitian, komersial dan bidang-bidang lain yang diprakarsai oleh National Research and Education Network (NREN) di tahun 1991.
Kemudian pada tahun-tahun sesudahnya internet menjadi sangat populer dan meluas yang dapat meliputi seluruh aspek kehidupan dengan begitu banyak macam manfaat dan akses yang tak terbatas.  Pada tahapan ini ruang, jarak dan waktu tidak dapat membatasi lagi untuk akses informasi global.
Beberapa fungsi yang bisa dijalankan melalui internet dapat dibagi menjadi beberapa macam antara lain :

1. Internet Mail
Internet mail adalah pengiriman surat atau dokumen dengan melalui internet. Dokumen ini dapat berupa pesan text, maupun file (gambar atau html). Internet mail adalah servis pertama yang dikembangkan dari pemanfaatan internet. Salah satu software yang dapat digunakan untuk pengiriman mail adalah Microsoft--Outlook Expressรค.
Ada banyak manfaat pelayanan yang disediakan oleh internet mail. Salah satu diantaranya adalah akses informasi/berita dan dengan topik tertentu yang diinginkan, misalnya tentang olah raga, politik, bursa efek dan lain sebagainya. Dengan cara men-subscribe alamat mail dalam suatu mail server palayanan berita, maka secara otomatis kotak pos (mail box) akan dikenal oleh mail server sehingga kemudian juga oleh server bisa dikirim berita jika terjadi hal-hal yang perlu disampaikan.
Manfaat selanjutnya dari internet mail adalah mailing list (sebuah bentuk grup diskusi dengan memanfaatkan e-mail). Kita dapat ikut dalam satu atau lebih mailing list dengan menempatkan alamat mail kita ke dalam suatu list server. Jika salah seorang peserta mailing list mengirim mail ke mail server, maka secara otomatis mail tersebut akan dikirim ke semua peserta mailing list yang terdaftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar